Taman Sebagai Area Penyangga Peredam Polusi

Ventilasi Rumah

Polusi udara hingga suara dapat mengganggu kenyamanan penghuni sebuah rumah. Polusi ini dapat dicegah dengan membuat area penyangga di halaman.

Kondisi rumah-rumah di perkotaan cenderung rapat dan selalu berhimpitan dengan polusi. Tidak banyak lagi rumah yang besar dan memiliki halaman luas. Unsur kesehatan rumah pun terkadang terkesampingkan. Rumah tak lagi memiliki jendela dan ventilasi yang cukup sebagai elemen sirkulasi udara pada ruangan. Keduanya kadang tertutup rapat demi menanggulangi polusi udara di lingkungan sekitar rumah.

Haruskah yang seperti itu terjadi sepanjang hari?

Mau tak mau, tinggal di perkotaan --terlebih kota dengan tingkat polusi tinggi-- harus selalu bersentuhan dengan polusi, baik udara maupun suara. Kita tentu tak ingin, polusi ini terus terasakan hingga ke dalam rumah. Untuk menanggulanginya, sebetulnya kita dapat membuat area penyangga hijau pada halaman rumah. Area ini tak harus luas, yang penting fungsinya maksimal.

Taman menjadi salah satu bentuk area penyangga itu. Taman dapat meredam debu yang beterbangan, meredam bising suara kendaraan, dan menjadikan udara yang masuk ke dalam rumah menjadi lebih segar. Ini antara lain karena tanaman-tanaman yang ada di taman menghasilkan oksigen yang berguna untuk kesejukan hunian.

Untuk membuat taman sebagai area penyangga, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.Salah satunya adalah pilihan jenis tanamannya. Taman yang memiliki banyak tanaman berdaun rimbun dapat menjadi area penyangga yang ideal. Ranting dan dedaunan rimbun dapat menyaring debu dan angin jalanan.

Aplikasinya misalnya, pilih jenis pepohonan yang memiliki tinggi lebih dari 60cm. Tanaman yang demikian dapat meredam suara bising dari luar, sebelum masuk ke dalam area bangunan rumah. Jenis pepohonan yang dapat dipilih diantaranya Rambutan, Mangga, Bambu, Washingtonia robusta, Ravenala Madagascariensis (pisang kipas), atau Tabebula.

Area penyangga tidak hanya pada halaman depan. Area atap juga bisa jadi penahan polusi, atau lebih populer dinamakan roof garden. Penahan dari kebisingan, radiasi ataupun panas matahari. Lapisan tanah serta tanaman di atap mereduksi polusi dari luar rumah. Tanaman yang bisa dipilih adalah dari jenis rumput-rumputan ataupun semak.

 

Artikel Spinner Indonesia
ventilasi rumah Menciptakan artikel unik lolos dari duplicate content secara instant, cepat dan mudah...., Simak Disini Solusinya


Cara Memperbesar Payudara
ventilasi rumah Video Senam YOGA untuk Kecantikan, Video Teknik Memperbesar Payudara cara Alami, Video Senam Wajah Anti Aging, dan Rahasia Seksualitas Wanita ...Simak Disini !

Hubungan Suami Istri
ventilasi rumah VIDEO Cara Membuat Wanita Klimaks lewat Pijatan, Video Terapi untuk Kontrol Ejakulasi yang lebih Baik..., Berikut Video Panduan Full Kamasutra The Lovers Sex Guide...!

Games Bayi
ventilasi rumah Kumulan MP3 untuk Kecerdasan Bayi, Video memahami bahasa bayi, Video Senam Hamil, Sounds Membuat Bayi Tenang, Games untuk bayi, dll



 

Ejakulasi Dini

Video Panduan Belajar Hipnotis Sendiri